Bolu Gulung · Bolu Kukus · Resep · Roll Cake · Snack Box · Spongecake · Steamed Cake

Bolu Kukus Gulung 

Bagiku kue ini adalah kue kenangan. Soalnya dulu belajarnya langsung sama almarhumah Ibu. Kurang lebih 5 tahun yang lalu Ibu bikin kue ini untuk suatu acara di rumah (lupa acara apa). Waktu itu bikin banyak banget. Sekali bikin langsung 2 resep, dan malam itu aku bikin sampe 3 atau 4 kali. Banyak kan? Pada akhirnya semua selesai sampe jam 2 malam. Capek? Jelas dong. Tapi jadi senang soalnya dapat ilmu baru cara bikin kue ini yang akhirnya masih aku ingat in every single details sampe sekarang 😊.
Kuenya cantik ya… Bermotif karena pake cetakan bolu gulung yang bergerigi. Dan menurutku resep ini cukup ekonomis, karena dari 1 resep ini bisa jadi 3 bolu gulung. 

Oya, resep bolgul ini saya dapat dari buku catatan resep almarhumah Ibu. Jadi source aslinya saya nggak tahu dari mana. Dan yang bikin nyesek adalah, buku catatan resep beliau sekarang sudah hilang 😭. Hiks… Sayang banget. Untungnya dulu sempat catat resep ini. 

BOLU KUKUS GULUNG 

Sumber: Unknown 

Bahan:

  • 6 butir telur 
  • 250 gram gula pasir 
  • 1 sdm cake emulsifier (aku pake SP) 
  • 250 gram tepung terigu protein sedang 
  • 1/2 sdt vanili bubuk 
  • 1 gelas belimbing santan dari 1/2 butir kelapa, santannya dimasak dulu ya (aku pakai santan kemasan + air sampai 220 ml) 
  • Pewarna makanan merah dan hijau secukupnya (aku pakai pasta pandan dan pewarna merah) 

Bahan buttercream :

  • 200 gram shortening / mentega putih
  • 50 gram margarin / butter
  • 50 gram gula halus (aku pakai susu kental manis secukupnya sampai manisnya pas menurutku) 

Cara Membuat :

  1. Kocok semua bahan butter cream hingga tercampur rata dan fluffy. Sisihkan.
  2. Kocok telur, gula, vanili, dan cake emulsifier dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang dan berwarna putih kental.
  3. Tambahkan terigu dan santan sedikit demi sedikit secara bergantian. Aduk rata.
  4. Ambil 2-3 sendok sayur adonan, beri pewarna merah. Sisa adonan lainnya beri pasta pandan.
  5. Siapkan loyang, saya pakai loyang zig-zag ukuran 20x26x3 cm. Olesi permukaannya dengan margarin lalu lapisi atasnya dengan plastik tipis agar mudah mengeluarkan kue ketika sudah matang.
  6. Tuang adonan ke dalam loyang lalu kukus hingga matang (kira-kira 10 menit). Adonan merah dan hijau ngukusnya sendiri2 ya.. Jadi adonan yang merah hanya jadi sekitar 1/3 loyang saja. Setelah matang, kue yang warna merah dipotong-potong memanjang mengikuti pola garisnya. Kalau adonan yang hijau nuangnya sampai 1 loyang penuh. Tapi jangan terlalu tebal, nanti mudah patah ketika digulung. Adonan hijau bisa jadi 3 loyang.
  7. Setelah matang, keluarkan kue dari loyang dan langsung gulung kue hangat-hangat dengan menggunakan kain lap bersih. Sisihkan.
  8. Setelah dingin, buka kembali gulungan kue, olesi permukaan kue dengan butter cream. Letakkan potongan kue yang berwarna merah di atasnya lalu gulung kue secara perlahan.
  9. Bolu kukus gulung siap disajikan. Potong -potong sesuai selera ya.. 1 resep ini bisa jadi 3 roll kue dengan ukuran loyang yang sudah tercantum di atas. Selamat mencoba… 😊😊😊
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s