Brownies · Cake · Cake Panggang · Olahan Cokelat · Resep

Classic Brownie – Brownies Panggang 

Dapat resep Classic Brownie ini dari blog Mbak Endang JTT. Awalnya penasaran banget sama sejarah brownies, terus berlanjut ke rasa penasaran sama resep brownies yang otentik. Setelah browsing2, akhirnya mendaratlah saya di blog Just Try and Taste dan nemu resep ini. 

Mbak Endang (penulis blog JTT) mengadaptasi resep ini dari buku Cookies, Biscuits, et Brownies by Catherine Atkinsons – Brownies Classiques. Dari bahasanya cukup menjawab lah ya sama rasa penasaran saya tentang resep brownies yang otentik. Heheheh… 

Setelah membaca dan membayangkan resepnya, sepertinya brownies ini enak. Akhirnya upreklah ke dapur, dan rasanya memang enak. Cucok sama seleraku yang nggak suka brownies yang kelewat manis. Kebanyakan resep brownies selalu pake takaran gula yang bejibun, salah satu tujuannya sih biar shinny crust nya keluar. Tapi kalo manisnya kebangetan, saya nya nggak doyan apalagi ibu mertua punya diabetes, jadi supaya bisa nyicip pilih resep yang gulanya nggak banyak aja 😁😁😁

Selain cokelat bubuk, brownies ini juga pake ekstrak kopi. Mungkin si kopi ini kali ya yang punya sumbangsih supaya rasa si brownies jadi nggak terlalu manis. Selain itu aroma kopinya waktu sudah matang dan berpadu dengan aroma cokelatnya hmmmm…. bikin tangan pingin langsung nyomot aja. Hehehe… 

Kalau mau coba, ini resepnya ya… 

CLASSIC BROWNIE (BROWNIES KLASIK) 

Sumber: resep dilihat dari blog Just Try and Taste 

Bahan: 

  • 200 gram dark cooking chocolate 
  • 150 gram mentega atau margarin 
  • 3 butir telur 
  • 200 gram gula halus (aku gula pasir diblender) 
  • 2 sdm ekstrak kopi / 3 sdm kopi bubuk dilarutkan dengan 2 sdm air panas
  • 150 gram tepung terigu serbaguna 
  • 1 1/2 sdt baking powder double acting 
  • 1/2 sdt garam 
  • 1/2 sdt vanili bubuk 
  • 150 gram kacang kenari / almond / mete cincang, sangrai (aku skip) 

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven, set pada suhu 175°-185°C. Siapkan loyang ukuran 22x22x4 cm, olesi dengan margarin kemudian alasi dengan baking paper atau taburi tepung tipis2.
  2. Ayak tepung terigu, garam, vanili, dan baking powder. Sisihkan.
  3. Tim dark cooking chocolate dan mentega dengan teknik double boiler hingga meleleh. Sisihkan.
  4. Kocok dengan whisker gula, telur, dan ekstrak kopi di dalam sebuah wadah hingga semua bahan larut.
  5. Masukkan DCC + mentega leleh. Aduk hingga rata.
  6. Masukkan campuran tepung, aduk perlahan hingga tercampur rata. Jangan overmix ya!!! Terakhir masukkan kenari. Aduk hingga rata.
  7. Panggang dalam oven +- selama 35 menit. Jangan overbake ya, supaya tekstur browniesnya fudgy (legit). Jadi kue yang matang akan keras di permukaan luarnya, tapi agak basah or lembek di dalam (ketika ditusuk). Namun ketika kue sudah dingin, bagian dalam akan mengeras sendiri.
  8. Setelah matang, keluarkan loyang. Keluarkan brownies lalu dinginkan. Brownies siap disajikan. 😊😊😊
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s